Workshop Falaqiyah: “Mewujudkan Generasi Milenial yang Mahir & Cakap Dalam Ilmu Falaqiyah”

Workshop

Alhamdulillah telah terlaksana acara workshop falakiyah dengan tema “MEWUJUDKAN GENERASI MILENIAL YANG MAHIR DAN CAKAP DALAM ILMU FALAQIYAH” yang bertujuan untuk mencetak generasi milenial yang cakap dan mahir didalam ilmu perbintangan atau falak .

Pada acara ini, yang dilaksanakan selama 6 jam yaitu pada pukul 08.00- 14.00 dan diikuti oleh 75 peserta dari berbagai jurusan yang ada di IAIN  Kediri. Acara tersebut dimulai dengan pembukaan dan kemudian disusul sambutan-sambutan yang diberikan oleh ketupel, ketua hmps hki, ketua dema fakultas syariah dan yang terakhir adalah sambutan dari kaporodi HKI sekaligus membuka acara workshop falakiyah.

Dalam acara ini  yang dibahas adalah metode perhitungan arah kiblat melalui manual dan digital yang di isi oleh bapak, H. MOH.SHOFIYYUDDIN dari lembaga falakiyah PCNU kabupaten Kediri. Perhitungan matahari atau melihat matahari dilakukan dengan cara manual dan dibantu dengan alat pendukung atau yang biasa disebut dengan rubuk. Dan tak lupa diberikan rapat tindak lanjut (RTL) yaitu berupa  tugas untuk  menghitung arah kiblat dengan metode digital di daerah masing-masin, agar acara tersebut memperoleh output yang bisa bermanfaat bagi masyarakat maupun diri sendiri.

            Pada acara workshop falakiyah tersebut, pesertanya sangat antusias dikarenakan akan ada doorprize untuk peserta yang aktif. Kemudian, untuk peserta terbaik akan didelegasikan ke Lembaga Lajnah  Fakultas Syariah. (HMPS HKI)

Praktek